Rabu, 07 Januari 2015

4 Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

4 Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba - Cucak ijo atau cucak hijau tidak termasuk ke dalam famili cucak-cucakan. Burung dengan nama lain Chloropsis sonnerati ini memiliki warna badan yang didominasi oleh warna hijau. Burung cucak ijo ini termasuk kerabat dekat dari burung cipoh yang bernama ilmiah Aegithina spp, dan tergolong suku Chloropseidae. Bagi pencinta burung ini tentu ingin mengetahui cara merawat cucak ijo untuk lomba. Kami di sini akan membagikan gosip penting untuk Anda mengenai tips perawatan cucak ijo supaya siap kontes. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan cucak ijo ini. Agar daya tahan tubuhnya lebih fit dan juga lebih berstamina dikala lomba.

 Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba 4 Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

Tahapan Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

1. Ukuran dan Bentuk Kandang 

Cucak ijo memiliki karakter yang begitu handal dalam melakukan lompatan dan tergolong burung yang gesit. Hal ini tentu membutuhkan perhatian khusus dikala menentukan kandang untuk cucak ijo. Dalam cara merawat cucak ijo supaya siap kontes, maka Anda perlu memilihkan kandang dengan ukuran agak besar, dengan 2 palang tangkringan di dalam kandang atau sangkar, supaya burung mampu bertengger dengan nyaman. Ketika Anda ingin mengikut sertakan burung ini dalam sebuah kontes, pilihlah kandang bermodelkan Sanghai, dengan bentuk yang bundar memanjang, di dalamnya terdapat 2 kepingan daerah pakan, yaitu untuk makanan berupa kroto dan voer. Sediakan pula 1 daerah sebagai daerah minum cucak ijo kesayangan Anda. 

2. Kebersihan Sangkar Burung 

Cara merawat cucak ijo untuk lomba berikutnya ialah dengan selalu memperhatikan kebersihan kandang burung cucak ijo Anda. Kebersihan kandang ini tentunya supaya cucak ijo selalu sehat dan mencegah cucak ijo terkena penyakit. Bersihkan kandang burung sebanyak 1 kali dalam 2 hari. Pastikan untuk selalu membersihkan kotoran burung pada dasar sangkar, yaitu dengan mengaliri dasar kandang dengan memakai air, kemudian menyemprotnya memakai cairan untuk pembasmi kuman, mampu juga dengan memakai pembersih lantai kamar mandi. Buang pula sisa dari makanan supaya terhindar dari lumut atau jamur pada kandang burung tersebut. Jemur kandang tepat di bawah terik matahari di pagi hari sampai kering. 

3. Pemberian Pakan Burung 

Tips cara merawat cucak ijo untuk lomba berikutnya ialah dengan sumbangan pakan burung yang berkualitas. Anda mampu memberinya serangga yang terdapat di alam secara bebas. Anda juga mampu menambahkan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian pada pakan burung cucak ijo milik Anda. Pakan utama mampu berupa, serangga, ulat bambu dan voer. Tambahan buah-buahan mampu berupa pepaya matang dan pisang kepok. Jika musim hujan tiba, Anda mampu memberinya makanan berbentuk jangkrik dan kroto. Pemberian minuman sebaiknya air minum mineral untuk kesehatan burung. 

4. Memandikan Cucak Ijo 

Cucak ijo bantu-membantu termasuk burung yang suka sekali untuk memandikan dan membersihkan dirinya. Oleh alasannya ialah itu, Anda mampu menyediakan kandang yang digunakan secara khusus sebagai daerah mandinya. Anda mampu menyediakan wadah plastik yang diberikan air secukupnya. 

Itulah 4 tahapan cara merawat cucak ijo untuk lomba supaya cucak ijo selalu sehat, berstamina sampai siap untuk dikonteskan!

Lanjut ke cara perawatan cucak ijo stress

Sumber https://badaianugerah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar