Minggu, 25 Januari 2015

Perawatan Pleci Mabung Biar Cepat Pulih

Perawatan Pleci Mabung Supaya Cepat Pulih - Proses mabung yaitu proses yang terjadi saat seekor burung hendak berganti bulu. Proses ini terkadang cukup merepotkan para pemilik burung kontes alasannya yaitu dalam kondisi ini, burung peliharaan akan lebih simpel stres. Burung yang sedang mabung tentu juga tidak mampu diikutkan dalam kontes, hal ini alasannya yaitu tidak akan membuat burung tersebut nyaman. Burung yang mabung tentu akan dialami semua jenis burung, tidak terkecuali dengan burung pleci. Perawatan pleci mabung harus Anda lakukan secara hati-hati, mengingat betapa rentannya di burung yang sedang mabung. Hal ini tentu dikarenakan ada hormon-hormon tertentu yang ada dalam tubuh burung yang memicunya menjadi simpel tertekan dan stres. Apabila Anda ingin burung pleci Anda tetap sehat saat ia melewati masa mabung, ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang direkomendasikan dalam artikel ini.

Perawatan Pleci Mabung Supaya Cepat Pulih Perawatan Pleci Mabung Semoga Cepat Pulih

Cara Perawatan Pleci Mabung

• Pakan burung pleci mabung 

Untuk pakan burung pleci yang sedang mabung sebagai cara perawatan pleci mabung, Anda mampu memanfaatkan voer saja. Makanan ini sudah cukup berkualitas untuk si burung pleci yang sedang mabung. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa burung pleci Anda selalu memakan voer yang bersih dan tidak berjamur atau basi. Meskipun demikian, pinjaman voer yang terlalu banyak juga tidak baik untuk si burung. Hal ini alasannya yaitu mampu membuat si burung terlalu kegemukan.

Apabila Anda menginginkan masakan suplemen untuk si burung pleci yang sedang mabung, Anda mampu memperlihatkan ulat kandang juga buah-buahan. Anda mampu memperlihatkan ulat kandang untuk setiap pagi dan sore harinya. Anda juga mampu memperlihatkan buah pisang sebagai nutrisi suplemen bagi burung pleci milik Anda.

• Hindari memandikan dan menjemur
Ketika burung sedang mengalami proses mabung, ada baiknya Anda mengistirahatkan si burung dari kegiatan mandi dan berjemur. Hal ini dikarenakan proses penjemuran oleh sinar matahari mampu membuat bulu-bulu si burung jadi lambat proses pertumbuhannya. Anda sebaiknya baru memulai proses memandikan dan menjemur si burung pleci kesayangan Anda dikala Anda mulai melihat tunas-tunas bulu yang sedang bertumbuh. Perawatan pleci mabung memang perlu perhatian yang lebih dari Anda.

• Pemberian multivitamin

Apabila Anda menginginkan burung pleci cepat tumbuh bulu, maka ada baiknya Anda memperlihatkan asupan vitamin tambahan. Anda mampu memperlihatkan vitamin sebanyak 3 kali dalam seminggu supaya burung pleci kesayangan Anda tidak kekurangan asupan gizi. Sebenarnya, pakan voer, ulat kandang dan buah-buahan saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si burung pleci. Namun sebagai perawatan pleci mabung supaya bulunya cepat tumbuh tentu Anda harus memperlihatkan asupan gizi suplemen yang baik untuk kesehatannya.

• Pengkondisian lingkungan

Pengkondisian lingkungan yaitu suatu hal yang wajib Anda lakukan supaya burung pleci Anda tetap merasa nyaman dan tidak stres. Usahakan untuk menyediakannya daerah yang sepi dari manusia dan aman. Lingkungan aman untuk pleci mabung mampu diraih dengan menjauhkan ia dari jangkauan kucing atau binatang liar lain yang mampu menerkamnya. Anda mampu memperlihatkan ruangan lain yang tidak terdapat burung lain. Selain itu, Anda juga mampu menggunakan kerudung kandang supaya burung pleci merasa aman. Hal ini mampu Anda lakukan supaya perawatan pleci mabung mampu berjalan lebih efektif.

Lanjut ke  kecer isian cililin untuk kejuaraan kecer

Sumber https://badaianugerah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar