Jumat, 09 Januari 2015

Tips Perawatan Kacer Untuk Lomba Dengan Metode Harian

Perawatan Kacer untuk Lomba dengan Metode Harian - Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang memiliki bunyi merdu sehingga banyak penyuka burung yang memilih memelihara burung ini. Kacer biasanya digunakan oleh pemiliknya untuk mengikuti kompetisi kicauwan. Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana melakukan perawatan kacer untuk lomba? Sebenarnya, ada beberapa cara yang terkenal yang dilatihkan pada kacer supaya mampu berkicau sehingga mampu memenangkan lomba. Cara yang sering dilakukan ialah setelan harian & setelan lomba. 

 Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang memiliki bunyi merdu sehingga banyak Tips Perawatan Kacer Untuk Lomba Dengan Metode Harian
Baca juga: Cara Merawat Cucak Ijo Trotolan Agar Cepat Buny
Setelan harian ialah salah satu metode perawatan yang berfungsi supaya kacer mampu rajin berkicau sehingga siap untuk lomba. Sedangkan setelan lomba ialah metode perawatan supaya kacer dilatih mental nya sehingga waktu di lapangan rajin berbunyi dan juga tidak medok atau drop mental. Metode perawatan kacer untuk lomba setelan harian dan lomba merupakan dua metode yg apabila dilakukan dengan telaten maka hasil nya pun mampu maksimal. 

Padahal, pada dasarnya tidak ada metode khusus paling baik supaya kacer mampu memenangkan lomba. Memang tidak ada metode khusus yg paling baik untuk menjadikan kacer berhasil memenangkan lomba lantaran ialah burung kacer juga memiliki abjad serta keunikan sendiri-sendiri sehingga pemiliklah yg seharusnya lebih mengetahui abjad dari burung kacernya tersebut. Meskipun tidak ada metode perawatan khusus untuk kacer lomba mirip perawatan kenari untuk lomba, tetapi ada beberapa tips yg sering dilakukan untuk mempersiapkan kacer supaya siap dilombakan.

Settingan Pakan Sebelum Perlombaan

Tips yg sering dilakukan oleh beberapa pemilik kacer yg pengalaman ialah melakukan perawatan dari pemandian, pinjaman pakan sampai isolasi kacer. Perlu di ingat supaya kacer mampu tampil maksimal sebaiknya dalam melakukan program diatas dilakukan secara rutin dan menyediakan pakan embel-embel atau persediaan jangkrik yg banyak.

Salah satu perawatan kacer untuk lomba ialah menunjukkan pakan jangkrik lantaran ialah jangkrik memiliki protein yg sangat tinggi & sangat manis dikonsumsi oleh kacer supaya mampu rajin berkicau. Karena itulah, pemilik kacer selalu menunjukkan embel-embel pakan jangkrik sebelum kacer ikut berlomba. Jumlah pinjaman jangkrik pun 3 sampai 5 kali lipat di berikan saat malam sebelum dilombakan dan di hari perlombaan, jikalau biasa di kasih 2 ekor saat pagi hari biasa maka di kasih 10 ekor pada saat malam sebelum hari H dan pagi pada saat perlombaan.

Perawatan Metode Harian Seminggu Sebelunya

Cara perawatan kacer supaya bunyi gacor saat perlombaan juga sebaiknya dilakukan setiap pagi & sore di satu minggu sebelum perlombaan, dimana kacer hanya diberi pakan jangkrik sebanyak 2-3 ekor saja. Pemberian jangkrik ini sengaja sedikit supaya kacer tidak terlalu agresif berkicau sehingga tidak membuang energi yng tidak penting. Namun menjelang lomba misalnya h-1 sebaiknya pada sore hari diberi makan lebih dari 10 ekor jangkrik supaya tampil lebih maksimal. 

 Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang memiliki bunyi merdu sehingga banyak Tips Perawatan Kacer Untuk Lomba Dengan Metode Harian

Perawatan kacer untuk lomba selain menunjukkan pakan jangkrik, sebaiknya diberi pakan 1 porsi kroto dengan takaran 1 sendok teh makan & diberikan 1-2 kali dalam seminggu. Kroto bermanfaat sebagai embel-embel energi. Nah selain 2 tahapan di atas burung kacer sebaiknya diberikan waktu istirahat dengan ditutupi dengan kerodong dan utuk minimalisir over birahi setiap malam dimandikan. Mandi malam elain buat mencegah over birahi, juga sebagi pelatihan supaya napas lebih pannjang.


Bagaimana sudah jelaskan penjelasan diatas? Sebenarnya metode setelan harian atau metode setelan lomba efektif digunakan untuk burrung kacer. Namun perlu diingat bagi pemilik bahwa buruung memiliki abjad yang berbeda sehingga perawatan kacer untuk lomba pun tentunya berbeda.
Baca Juga Yang Ini :
  1. 50 Lebih Jenis Lovebird Batman Lengkap Dengan Harganya yang Fantastis
  2. 7 Cara gampang Beternak burung kenari
  3. Burung Kenari Yang Indah Menawan
  4. indonesia.html" style="-webkit-font-smoothing: antialiased !important; background-color: transparent; box-sizing: border-box; color: #27ae60; text-decoration-line: none; transition: all 0.3s ease-in 0s;" target="_blank">Burung Merak di Indonesia
  5. Cara Membedakan Kelamin Burung Kolibri Ninja yang Masih Anakan

Sumber https://badaianugerah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar