Sabtu, 03 Januari 2015

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Yang Benar

Cara Merawat cucak ijo Mabung yang Benar - Burung ialah hewan yang memiliki banyak keunikan, entah itu dari segi bunyi maupun warnanya. Bagi pencinta burung pasti tak abstrak lagi dengan burung cucak ijo mabung. Cucak ijo mabung merupakan burung yang terkenal dengan keindahan suaranya. Kalau kau mengaku sebagai pencinta burung, tentu harus tahu cara merawat cucak ijo mabung dengan benar. Burung ini butuh perawatan layaknya manusia agar kau tak kehilangan bunyi merdunya dan keindahan bulunya. Burung tersebut tidak mampu diperlakukan semena-mena. Mabung atau molting berarti merontokkan dan cucak ijo ijo memang mengalami fase mabung atau pergantian warna bulunya dan terjadi secara periodic.

Cara Merawat cucak ijo Mabung yang Benar Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Yang Benar

Sebenarnya mabung tau molting ialah hal alamiah yang dialami oleh semua burung. Namun sebagai pecinta burung, kau harus paham betul bagaimana cara merawat cucak ijo mabung. Pada dasarnya, cara merawat cucak ijo muda ataupun renta yang sedang mabung sama saja. Ketika cucak ijo mabung, ia akan kehilangan 25% nutrisi dalam tubuhnya sehingga untuk memulihkan kondisinya, kau harus memperhatikan kebutuhan nutrisi burung kesayangan kau tersebut. Perhatian serta perlakuan kau terhadap burung akan menentukan kelangsungan burung.Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan saat mengetahui cucak ijo ijo mabung. Adapun cara merawat cucak ijo mabung yang di anjurkan.

Tahapan Merawat Cucak ijo

1. Rutin cek kesehatan burung

Hal pertama yang kau lakukan ialah cek kondisi kesehatan cuck ijo kamu. Pastikan burung kesayangan kau tidak terjangkit virus ataupun penyakit lain. Virus yang biasa menyerang burung misalnya virus polyma dan circovirus. Bahayanya virus tersebut mampu memperlambat pertumbuhan bulu saat sedang mabung. Atau, basmi semua pengganggu menyerupai cacing, kutu dan mikroba. Untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara keseluruhan bawalah ia ke dokter.

2. Berikan ekstra fooding

Cara merawat cucak ijo mabung yang mampu kau usahakan yang kedua ialah dengan menawarkan ekstra fooding. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, burung yang sedang mengalami mabung dalam keadaan kekurangan nutrisi sehingga kondisi tubuhnya pun menurun. Tambahkan porsi jangkrik lebih banyak kemudian berilah papaya atau pisang sebagai nutrisi pemanis serta vitamin-vitamin yang dibutuhkan. Pemberian makanan ekstra bahu-membahu berlaku untuk cara merawat cucak jenggot dan sebagainya.

3. menawarkan ekstra fooding

Kamu juga harus paham bahwa cucak ijo ialah burung terbelakang dimana ia praktis lupa dan kehilangan memori bunyi yang pernah dinyanyikan. Oleh karena itu, kau perlu tahu cara merawat cucak ijo macet suara. Sebaiknya kau melakukan master saat burung mengalami mabung karena ia akan lebih praktis diisi bunyi dan menambahkan memori suara.

4. Mandikan dan jemur

Hal ketiga ialah dengan melakukan penjemuran serta pemandian. Namun jangan mandikan cucak ijo yang sedang mabung terlalu sering. Cukup seminggu sekali dan lakukan penjemuran karena sinar matahari sangat anggun untuk pertumbuhan bulunya dan jemur selama 20 menit setiap hari. Pastikan beri makan secara teratur dan makanan harus mengandung nutrisi yang tinggi.

Inilah beberapa hal mengenai cara merawat cucak ijo mabung yang perlu kau tahu. Patikan burung kesayangan kau dalam kondisi prima dikala masa mabung dating. Namun kau tidak perlu panik karena mabung ialah proses alamiah yang selalu terjadi pada burung.

Lanjut ke cara merawat kacer poci untuk pemula

Sumber https://badaianugerah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar